LANTAI LIMA, SOLUSI ANAK KOST DI KALA PANDEMIK

Masa pandemik ini memberi dampak di berbagai aspek kehidupan, salah satunya pada aspek ekonomi. Namun pandemik ini mendatangkan ide bagi Rafli Izzulhaq atau yang biasa disapa Izul untuk menghasilkan uang dengan mendirikan jasa mengemasbarang dan bersih-bersih kost-an. Izul merupakan salah satu mahasiswa Komunikasi angkatan 2018 di Universitas Pertamina. “Awalnya dulu, banyak temen yang pulang terus kos-nya ditinggal dan aku sering disuruh ambilin barangnya. Soalnya mereka mau ambil sendiri itu ribetkan, harus PCR yang mahal dan takut covid. Terus aku kepikiran kayaknya ini bisa ngehasilin duit nih sambil bantu mahasiswa juga” ujar Izul. Bisnis yang diberi nama “Lantailima” ini didirikan sejak Juni 2020 namun telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Pemberian nama Lantailima ini bukan tanpa alasan, Izul ingin bisnis ini menjadi bintang lima menurut pandangan konsumen. Izul tidak berjalan sendiri saja dalam mengembangkan bisnis ini, ada Syafira Khairunnisa mahasiswa Teknik Logistik 2018 Universitas Pertamina dan Ahmad Luqmanul Hakim mahasiswa Komunikasi angkatan 2019 Universitas Pertamina agar saling melengkapi satu sama lain.

Lantailima sendiri belum memiliki kantor khusus dan masih memanfaatkan kost salah satu owner ketika ingin mengadakan evaluasi dan rapat. Mereka melakukan rapat virtual jika sedang terkendala oleh jarak. Namun, mereka telah memiliki gudang penyimpanan barang yang terletak di daerah Simprug, Jakarta Selatan.

Agar dikenal banyak orang, Izul memilih teknik marketing dengan cara menghubungi semua teman dari berbagai prodi yang ada di kampusnya. “Aku dulu minta temen-temenku yang terkenal gitu buat promosiin di Instagram kayak buat story gitu sama broadcast di line grup angkatan gitu. Kontennya berupa video gitu biar menarik” kata Izul. Pasar mereka juga telah berkembang yang berawal hanya mahasiswa Universitas Pertamina menjadi berbagai Universitas seperti Binus, Trisakti, UI, dan lain-lain.

Izul dan kawan-kawan memilih berbisnis di bidang jasa karena modalnya lebih efisien dan pesaingnya terbilang sedikit. “Kita dulu modal awal sekitar 50 ribu atau 70 ribu sekitar segituan lah, dulu itu cuma butuh lakban, gunting, cutter, sama beli kardus bekas yang besar dan masih layak. Dulu per kardus beli cuma 5 ribu. Tapi kemarin kita ikut inkubasi bisnis yang diadakan oleh Universitas Pertamina terus dapet modal dan akhirnya kita nyetak sendiri sekarang boxnya”. Izul juga bercerita bahwa awalnya Lantailima ini bergerak di bidang produk berupa makanan ringan seperti kripik kaca dan basreng. Mereka merasakan ketika menjual produk harus selalu melakukan inovasi dan mengikuti perkembangan tren serta harus punya keunikan tersendiri untuk menarik pembeli.

Dalam berbisnis, tentunya terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi apalagi Izul, Syafira, dan Luqman masih sama-sama berstatus mahasiwa. Mereka harus pintar dalam membagi waktu antara kuliah dan menjalankan bisnis. Ditambah lagi dengan adanya pesaing harus membuat mereka melakukan inovasi baru dan melakukan pengembangan pasar.

“Intinya kalau mau berbisnis itu mulai dulu aja, soalnya perlu aksi nyata. Kalau nanti kita gagal ya dievaluasi aja dan terus nyoba lagi” ujar izul. Dari Lantailima, ketiga owner ini juga belajar tentang bertukar pendapat. Mereka selalu menggabung-gabungkan ide masing-masing sampai menemukan ide yang terbaik. Mereka menganggap bahwa ide yang bagus merupakan hasil dari benturan ide-ide yang lain. Harapan ke depannya, mereka ingin mengembangkan Lantailima dengan menambah jasa survei dan konsultasi seputar kost agar memudahkan konsumen ketika ingin mencari kost-an.

Sukses selalu Lantailima 🙂 (NSMP)

Editor : SENJA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: